Upacara Mencuci Kaabah Menjelang Ramadhan



Pemimpin pemerintahan kota Makkah, Raja muda Khaled Al-Faisal hari Kamis (23/7) pagi tadi melakukan kegiatan mencuci dinding Ka'bah. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan dua kali dalam setahun, iaitu menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan pada saat musim haji.

Diiringi oleh gema takbir dan tahlil, Raja Khalid memasuki Ka'bah dan melakukan proses pencucian bahagian dalam dinding dan lantai Ka'bah dengan menggunakan sehelai kain dan air yang berupa campuran air Zamzam dan air mawar. Diperlukan sekitar lima gelen air mawar dan 47 geen air Zamzam untuk keperluan mencuci Ka'bah.

Kegiatan ini untuk pertama kalinya boleh disaksikan secara langsung, melalui television yang dipasang di pintu gerbang Masjid Haram.

Selepas mencuci Ka'bah, Raja Khaled melakukan tawaf (mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali), menunaikan solat sunnah dua rakaat, mencium Hajar Aswad dan minum air Zamzam yang diberikan langsung oleh Sadin (orang yang bertugas menjaga Ka'bah) tepat di depan pintu masuk Ka'bah.

Proses pencucian Ka'bah disaksikan oleh Presiden Pengurus Dua Masjid Suci, Syaikh Al-Hosayem dan timbalannya, Syaikh Muhammad bin Nasser Al-Khuzaim. Hadir pula dalam acara tersebut sejumlah menteri, ulama, pejabat senior pemerintah Saudi, diplomat asing yang Muslim, warga setempat dan pengunjung yang menyaksikan upacara proses pencucian Ka'bah. (ln/arabnews)

No comments

Powered by Blogger.