Kisah Keluarga Yahudi Presiden IRAN

http://b.cdn.tendaweb.com/fckfiles/image/internasional/0ahmadinejaddocument.gif


Minggu lalu, Telegraph memberitakan bahawa presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad dikatakan mempunyai garis keturunan yang berasal dari Yahudi. Itu tidak lain, menurut Telegraph, salah satu dokumen dalam pencalonan presiden beberapa waktu lalu, menunjukkan ia mempunyai nama Saborjhian.

Nama itu dianggap nama tengah Yahudi. Walau berita ini masih terdengar dan menjadi kontroversi, sebenarnya apa erti nama (dan siapa) Saborjhian?

Mahmoud Saborjhian adalah anak seorang tukang besi, lahir di dekat Garmsar di desa Aradanon 28 Oktober 1956. Pada tahun 1950-an, Ahmadinejad dan keluarganya pindah dari Aradan ke Teheran untuk mencari kemakmuran ekonomi yang lebih baik dan selama tempoh ini keluarga Saborjhian berubah nama menjadi Ahmadinejad.

Tentang nama Sabourjhian tidak dapat dilihat di wikipedia di Denmark atau Iran, hanya dalam bahasa Inggeris, Perancis dan Jerman. ini penting kerana Saborjhian adalah nama keluarga Yahudi, dan pada kenyataannya jhian digunakan hanya oleh non-muslim dan kebanyakan oleh orang-orang Yahudi, misalnya ada dua Ric keluarga Yahudi di Iran dengan Jhian di akhir nama mereka, yakni Badamjhian dan Zorofjhian .

Mohsen Rezaei adalah tokoh yang sangat terkemuka di Iran, mantan komandan Garda Revolusi dan saat ini menjadi anggota Dewan Tertinggi. Dialah yang pertama menyebutkan latar belakang Yahudi Ahmadinejad dalam sebuah pernyataan umum. Hal ini membuat internet ditutup dan berhentinya semua akses internet di Iran, Iraq dan Pakistan selama berjam-jam sampai artikel yang ditulis dalam Bahasa Parsi itu di situs Baztab.com dihapus, dan kemudian internet kembali boleh diakses lagi!

Ahmadinejad mengakui bahwa keluarganya telah mengubah namanya ketika dia masih muda, dan telah pula memberikan beberapa rincian. Menurut dokumen pemerintah Iran dan anggota keluarga, nama keluarganya semula adalah Sabourjian atau "kain-penenun." Nama itu, meskipun hadir di antara Muslim Iran, sering menunjukkan latar belakang minoriti. (sa/alqimmah)

No comments

Powered by Blogger.