Anwar Ibrahim Silaturahmi dengan Tokoh-tokoh ICMI

Anwar Ibrahim
Sabtu, 6 September 2008 | 09:57 WIB

Laporan wartawan Kompas.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, SABTU — Pemimpin oposisi Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim, melakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh pimpinan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Sabtu (6/9).

Silaturahmi berlangsung di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan. Hadir tokoh-tokoh ICMI, di antaranya Muslimin Nasution, Marwah Daud Ibrahim (Presidium ICMI se-Indonesia), Fahmi Idris (Dewan Penasihat ICMI), AM Fatwa, dan Adi Sasono (Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI). Silaturahmi juga dihadiri perwakilan ormas-ormas Islam di Indonesia. Silaturahmi ini akan mendiskusikan tentang demokrasi, pemimpin negara, dan etika politik.

Dalam sambutannya, Presidium ICMI Dr Ir Muslimin Nasution mengatakan, para pemimpin dan politisi memiliki dua animal character. Pertama, watak merpati yang lembut dalam memperjuangkan idealismenya. Namun, di sisi lain, politisi juga memiliki watak ular yang licik dalam mencapai tujuannya. "Etika politik sering diabaikan untuk mencapai tujuan atau untuk mendapatkan jabatan," kata Muslimin.

Muslimin berharap, diskusi dengan Anwar ini juga bisa memberikan masukan bagi demokrasi dan reformasi Indonesia yang lebih baik, terutama untuk memilih pemimpin yang tepat pada Pemilu 2009 mendatang. Setelah bersilaturahmi, Anwar dijadwalkan akan memberikan keterangan pers kepada wartawan. Mantan Wakil PM Malaysia itu baru saja memenangi Pemilu Sela untuk Pematang Pauh dalam Suruhanjaya Pilihan Raya (SPR). Ia menggantikan kursi yang sebelumnya diduduki istrinya, Wan Azizah Wan Ismail. (ING)

No comments

Powered by Blogger.